Gerhana Matahari

VIVAnews – Warga Jakarta dan sekitarnya hendaknya berhati-hati dengan matahari siang ini. Mulai pukul 14.39 WIB nanti matahari tidak bisa dilihat langsung. Fenomena alam, gerhana matahari, tengah terjadi saat itu.

“Hati-hati, jangan menatap Matahari secara langsung tanpa penapis cahayanya, karena sangat membahayakan mata!” demikian peringatan BMKG yang dimuat disitus BMKG, Jumat 15 Januari 2010.

BMKG mengingatkan, kebutaan yang terjadi bisa berlangsung permanen. Karena itu masyarakat diminta menggunakan alat bantu penapis cahaya matahari, misalnya kaca mata khusus gerhana. Selain itu bisa juga menggunakan kamera Pinhole. Jika akan menggunakan teleskop, gunakanlah filter penapis cahaya Matahari untuk dipasang pada teleskop.

Gerhana matahari adalah peristiwa tertutupinya piringan matahari oleh piringan bulan dan teramati dari permukaan Bumi. Gerhana matahari ini selalu terjadi pada saat fase bulan baru. Namun, tidak setiap bulan baru terjadi gerhana matahari karena bidang orbit bulan mengelilingi bumi tidak berimpit dengan bidang orbit bumi mengelilingi matahari (disebut ekliptika), tetapi membentuk sudut sekitar 5,2 derajat. Hanya pada saat fase bulan baru dan posisi bulan di sekitar perpotongan orbit bulan dan ekliptikalah, gerhana matahari ini akan terjadi.

Nah, hari ini bulan berada pada fase bulan baru dan posisinya di sekitar perpotongan orbit bulan dan ekliptika. Karena itulah pada hari ini akan terjadi gerhana. Siang ini jarak bumi-matahari adalah 1,472 x 108 km, sehingga diameter sudutnya adalah 32,508 menit busur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: