Membangun pendidikan dengan kasih sayang

 

Sebelum jauh membahas bagaimana membangun pendidikan dengan kasih sayang, kita harus tau apa makna dari pendidikan  itu sendiri.pendidikan adalah pembentukan kepribadian, proses pendewasaan dan pemikiran yang matang. Oleh karena itu untuk membangun kepribadian yang baik maka sangat diperlukan pendidikan yang baik. Lantas jika kita kaitkan perilaku individu, atau sekelompok orang yang berlebel manusia berpendidikan namun jauh dari kata baik maka pertanyaanya, apakah ada yang salah dengan system pendidikan?. Penulis memiliki pandangan tersendiri, apa yang terjadi dilapangan, perilaku perilaku menyimpang dari orang orang yang melebelkan dirinya manusia berpendidikan adalah akibat tidak sampai nya pemhaman dan hakikat arti sebuah pendidikan itu sendiri. Dan oleh sebab itu sangatlah penting untuk memberikan dan membangun sugesti akan arti sebuah pendidikan yang seutuhnya.

Pendidikan sangat penting peranya untuk kelangsungan sebuah bangsa atau Negara.karena apa bila pendidikan disuatu Negara itu jauh tertinggal, maka secara otomatis Negara itu juga akan tertinggal dari persaingan dunia. kembali permasalahan perilaku buruk dari individu atau kelompok manusia yang secara real adalah manusia yang berpendidikan.lantas bagaimana hubunganya dengan system pendidikan berkarakter, secara teknis adanya pengembangan pendidikan yang berkarakter jelas sangat ideal sekali dengan kondisi masyarakat saat ini, dimana seoalah olah apa yang tampak dimasyarakat saat ini, dimana bangsa ini seperti  bangsa yang kehilangan karakter, karakter yang dimaksud disini adalah karakter yang positif. Lalu apa pendidikan yang berkarakter itu  ?.

Menurut  Ratna Megawangi,Pendidikan Karakter adalah Sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dpt mengambil keputusan dg bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dpt memberikan kontribusi yg positif kpd lingkungan. Implikasinya sudah jelas, yaitu membangun kepribadian yang bijaksana terhadap peserta didik agar ketika mencapai kedewasaan nanti mereka dapat menyelesaikan setiap permasalahan dengan cara yang arif dan bijaksana.oleh karena itu untuk membangun anak didik yang berkarakter tidak bisa hanya mengandalkan guru bidang study Pkn, PAI atau guru BK, karena yang selama ini berjalan pendidikan moral atau pendidikan karakter diasumsikan tanggung jawab guru PAI,Pkn dan BK saja. Padahal secara teknis semua yang terlibat dalam kegiatan pendidikan memiliki tanggung jawab yang sama.agar generasi nanti mampu berdiri sendiri dengan kedwasaan dan kepribadian yang baik.

Mendidik dengan kasih sayang. Mengapa kita harus mendidik dengan rasa kasih sayang, mungkin pertanyaan ini sangat mudah untuk dijawab, tapi penulis tidak akan membahas itu, yang akan penulis titik beratkan adalah bagaimana aplikasinya dalam membangun atau memberikan pendidikan dengan kasih sayang.

Yang pertama tentunya adalah guru harus mau menyatukan hati dengan profesi, ke ihlasan dalam hal memberi dan menerima agar suasana hati yang tenang dan damai  dapat tercipta.karena dengan suasana hati yang tenang maka hal  itu dapat membangun trik dan tehnik saat dalam proses pembelajaran. Rasa kasih sayang guru terhadap anak didik dapat diwujudkan dengan berbagai macam cara, memberikan pujian, hadiah, dan menyatukan hati antara guru dengan  seluruh anak didik tanpa terkecuali. Jangan pernah berfikir seoarang guru tidak yakin anak didiknya bisa, sehingga terjadi pembiaran atau cuektisme,. Mengapa ini penulis katakan salah, sebab jika dikaitkan fungsi dan tanggung jawab seorang guru terhadap anak didik sangat berat, berat dari segi peraturan perundang undagan dan peraturan moral, apakah adil jika seorang guru yang sudah diberikan kelebihan materi lantas tanggung jawabnya berkurang. So itu semua kembali kepada pribadi masing  masing, kembali ke pokok persoalan, dari sekian banyak kejadian kekerasan dan anarkisme yang melibatkan rekan rekan dari dunia pendidikan penulis merasa prihatin, semakin hari semakin terbuka namun bukan semakin baik, yang ada seolah olah kekerasan menjadi jalan utama untuk mewujudkan sebuah keinginan,  mari mulai saat ini mari kita  bersama sama untuk membangun generasi bangsa yang cerdas, bertaqwa, terampil dan berkarakter, untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa datang

 

Penulis : Arie Frasetya Afrizal

Mengajar di SDN Cibeureum UPTK VII Kecamatan Cileungsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: